Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Senin, April 08, 2013

Godok Pisang

Assalamualaikum Host JTIW dan semua sahabat NCC...tok-tok mau laporan nih..

Rada jiper juga sebenarnya buat laporan, secara yang lain udah puluhan setoran..saya baru perdana hehe..*tutup muka*

Tapi demi diakui sebagai member NCC walopun pasif dan pengen ikutan hepi-hepi diajang week2-an NCC, saya beranikan diri menyetor muka deh..ups setor laporan maksute.

Kalo omong-omong jajanan tradisional, sebenarnya buat saya ini seperti mengungkit-ungkit kenangan lama. Jadi keingetan deh kue-kuehan yang sering dibuat almarhumah emak. Belio orang minang, jadi kue-kue yang sering dibuatnya  juga otomatis berasal dari ranah minang…dan ternyata semua yang udah disetor di sini dalam kelompok Sumatra Barat, pernah loh dibuat oleh belio..dari sala lauak, serabi, srikaya, kue bawang...semuanya pernah..jadi bikin kangen masakannya dan orangnya deh..hikkss. Tapi sayangnya semua resep-resep masakan itu belom ada satupun yang saya tau, karena dulu masih abg jadi enggan menyambangi dapur..hehehe..

Satu lagi jajanan tradisional dari Sumatra Barat yang sering juga dibikin yaitu Godok (baca Godo’) Pisang. Godok yang pernah dibuat almarhumah terbuat dari pisang yang sudah sangat matang yang dicampur dengan sagu. Sagu yang digunakan adalah sagu merah ato belio menyebutnya “sagu umbio” (sagu rumbia) karena berasal dari batang pohon rumbia. Sagu ini biasanya didapat dari kiriman atau titipan kalo ada kerabat yang mudik. Di lain waktu saya pernah juga melihat sagu bewarna serupa di SPM, hanya saja berbentuk kotak-kotak, kalo tidak salah mereknya sagu ambon…tapi mengenai kesamaan asalnya dari rumbia atau bukan saya tidak paham.

Nah berhubung sabtu kemarin main ke rumah Bapak, bertanyalah saya cara membuat Godok Pisang ini ke Ete (Ibu Tiriku). Dan beruntungnya ternyata Ete punya persediaan sagu umbio dan saya juga punya stock pisang matang yang udah seminggu lebih dianggurin..jadi klop deh.

Akhirnya bisa eksekusi juga resep tradisional dari kampung sendiri…berikut ini resepnya:

Godok Pisang
Bahan:
1 sisir pisang kepok matang
65 gram Sagu umbio
½ sdt garam
Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
Dalam wadah lumatkan pisang sampai halus, tambahkan garam dan sagu. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
Gunakan sendok makan untuk mengambil adonan. Goreng adonan hingga kecoklatan. Sajikan hangat.
Setelah dieksekusi dengan sukses, Alhamdulillah  mendapat apresisasi positif dari loyal customer alias suami tercintah..dan rasanya menurut saya ga kalah loh dengan yang pernah dibuat almarhumah emak belasan tahun lalu :)

Oyah sekedar tips aja, mengingat tekstur sagu umbio ini banyak berbutiran, mungkin ada baiknya sebelum mengolahnya diayak terlebih dahulu supaya tidak bergerindil-gerindil.

Salam JTIW,

Wati-Bunda Asa

Dan ini dia penampakan Sagu Umbio..asli dari kampung tercintah :)




0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)