Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Jumat, Februari 15, 2013

Review Sekolah Impian



(Madrasah Techno Natura)

Banyak membaca permasalahan pendidikan membuat kami ingin mencari sekolah yang menerapkan pendidikan yang tidak biasa namun diluar kebiasaan. Paling tidak mereka punya konsep bahwa setiap anak itu istimewa. Setiap anak tidak bisa disamaratakan. Sepertinya hal ini tidak bisa dicari disekolah IT dan SDN. Untuk IT misalnya ada konsekuensi yang sudah jelas bahwa setiap siswa punya target harus menyelesaikan sekian juz dalam 1 semester..dan semua dievaluasi dengan ranking pastinya. Apakah kita mau bila anak kita tidak dapat mencapai target lalu dikatakan gagal?? Pastinya tidak, jangan pernah katakana gagal untuk setiap pencapaian anak!! Bisa jadi justru prestasinya ada dibidang lain..itulah sebabnya kami ingin memilih sekolah yang “luar biasa”.

Lalu bagaimana dengan Techno?

Madrasah Techno Natura (MTN) juga mengusung nama islami, Madrasah Ibtidaiyah..dan mendapatkan ijin sekolah dari Depag. Muatan agama Islam sudah pasti dominan..hafalan juga ada. Dimana perbedaannya??

Untuk hafalan quran, di MTN juga ada target pencapaian, namun tidak mutlak. Untuk 6 tahun menjalani SD/MI ditargetkan dapat hafal 6 Juz, namun manajemen MTN tidak melulu menitikberatkan pada target tersebut, mereka memahami sekali bahwa setiap anak istimewa dan membawa potensi masing-masing. Untuk MTN sendiri mereka menyaring/menseleksi siswa berdasarkan potensi/kecenderungan pola pikir yang dikelompokkan dalam 4 kuadaran

Proses pembelajaran yang tidak biasa juga terjadi disini. Umumnya belajar di sekolah konvensional, guru di depan kelas “dipelototin” puluhan murid dalam 1 ruang belajar tertutup, bila saatnya istirahat, seluruh murid berteriak happy :D..menandakan boring kali y *inget jaman sekolah dulu*. Disini ruang kelas hanya saung/rumah-rumah kayu terbuka dikelilingi pepohonan, berteman nyamuk, ulat bulu, cacing dan juga laler sesekali :P …rilekss, teduh dan damai pastinya. 1 ruang belajar hanya untuk 12 siswa dari tahun ke tahun…sebenarnya ini menyesakkan hati coz banyak yang berguguran akhirnya dalam seleksi :(
 
Metode pembelajaran yang tematik mereka istilahkan dengan proyek, membuat kegiatan belajar tidak monoton. Dari 1 tema yang diangkat dalam 1 minggu, siswa diajak belajar seluruh bidang akademis yang juga dipelajari di sekolah pada umumnya (Menulis, Matematika tingkat tinggi, IPA, IPS, Teknologi dan Rekayasa dan Personal/Sosial/Kesehatan), tanpa siswa tersebut merasa bahwa dia sedang belajar hal-hal tersebut..karena tidak ada penjulukan/label..semisal hari ini jadwal pelajaran bahasa Indonesia, matematika, dll.

Dalam kegiatan tematik tersebut, seluruh siswa sejak level 1 sudah diasah kemampuan untuk mempunyai kepercayaan diri menyampaikan pemikirannya yang dituangkan dalam kegiatan presentasi. Setiap hari Jumat siswa agenda siswa adalah presentasi kegiatan yang telah dilakukannya dalam 1 minggu. Dalam sit in pun, hal ini juga dilakukan, saat Asa sit in tema presentasi tentang kegiatan outbond yang mereka lakukan di hari Rabunya.

Evaluasi belajar di MTN, kabarnya tidak dilalui dengan ujian semester. Bila siswa sekolah lain sedang keriting bin mumet belajar untuk menjalankan ujian semester, pada saat bersamaan di MTN para siswanya sedang bersenang-senang kemping….sampai sini ortu mana yang ga mupeng anaknya bakal sekolah di sini…hayo..siapa yang ga mupeng :D 

Keunggulan lainnya MTN sangat concern dalam bidang sains dan teknologi. Kabarnya untuk MA/SMA pilihan studipun mengerucut hanya untuk bidang sains. Jadi sepertinya MTN ini sedang menyaring para Saintis dan Tenhnokrat masa depan…dan semoga Asa termasuk didalamnya..aminn (mohon diaminkan yang turut membaca :).

Nah hal yang tidak kalah pentingnya juga buat Bunda kenapa memilih MTN…bisa ditebak dong?? Yup Biaya.

Sekolah unggulan identik dengan tingginya biaya yang harus dikelurkan. Ini juga yang bikin Bunda mewek…kami rasanya hopeless bisa memberikan Asa pendidikan yang sesuai cita-cita kami..ngeri  melihat besaran Uang Pangkal yang mesti dikeluarkan ..hikkss..:( Rerata sekolah yang masuk kriteria, UPnya belasan jut-jut..bahkan sampai 20 jut..Masya Allah!! 

Bila hanya sekedar SPP bulanan, Insya Allah kami bisa menyanggupi…tapi kalo diharuskan bayar UP yang segambreng itu..mesti cari dimana :(

Back to MTN, biaya yang dikeluarkan sepertinya dari tahun ketahun hanya berubah di biaya Sit In, jadi bisa di cek langsung diwebnya, kali aja Bunda salah nulis…Ini untuk tahun ajaran 2013/2014 ya, saat Asa daftar

Pendaftaran : Free
Sit in : Rp 350.000
UP : Rp 1.750.000
SPP : 5% dari Penghasilan ortu, dibayar perbulan untuk (12 + 1 bulan untuk THR guru)

Coba lihat sodara-sodara…begitu manisnya uang pangkal itu tertera…tidak seperti sekolah lainnya yang menyesakkan dadaku.

Sekarang teman-teman pasti maklum kan kenapa Bunda sampai mewek menghadapi ketetapan tidak diterimanya Asa tahun ini. Tapi Bunda dan Abi tetap kukuh hati dan berharap Asa bisa mengenyam pendidikan di MTN ini…dan semoga tahun ajaran depan 2014/2015, Asa berhasil diterima..aminnn ya Rabbal Alamin..(mohon dengan sangat  diaminkan ya Om, Tante).. semoga Allah memperkenannya..Amiinn.

Disclaimer:
Sumber tulisan berasal dari web resmi Techno Natura, observasi, obrolan langsung dengan pihak sekolah dan juga ortu siswa. Kesalahan informasi semata-mata karena kelalaian dalam menyimak dan minimnya keahlian penulis dalam ngeblog. Semoga bermanfaat ###



1 comments:

Anonim mengatakan...

Aslkm..
Kami dari Medan. Mendadak saya hrs dimutasi ke Jkt. Dan insya Allah ingin mendaftarkan anak kami ke MITN. Kakaknya msk kls 2, adiknya msk kls 1. Tapi skrg sdh msk Feb, harap2 cemas jg apakah masih bisa mendaftar kesana. Sudah seminggu ini cb telp ke no. yg ada di website sekolah, tp gak pernah diangkat. Apakah ibu ada no telp alternatif agar sy bisa kontak ke pihak sekolah?

Salam,
Dandi

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)