Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Kamis, Mei 03, 2012

Belanja Online? Siapa Takut??


Berkenalan dengan internet pada akhirnya juga membawa saya berkenalan dengan dunia belanja online.

Pengalaman awal belanja yg terasa menyenangkan, membuat saya cukup bisa dibilang sering belanja online. Tapi seringnya belanja, ternyata juga menyisakan pengalaman pahit. Harusnya sih saya udah bener-bener harus siap dan sadar dari awal kalo bakal sangat mungkin dapat pengalaman pahit dari belanja online…tapi tetep aja rasanya gondok setengah mampus kalo itu bener-bener terjadi.

Kenapa harus sadar dan siap?? Yup karena kita belanja bermodalkan cuma rasa percaya aja. Ngeliat penjual engga’, ngeliat barang asli engga’, ee ko mau aja transfer-transfer uang. Makanya bener-bener cuma modal percaya dari pembeli aja deh, transaksi online bisa terjadi.

Senengnya kalo pas barang datang sesuai waktu yang dijanjiin, begitu dibuka barang juga sesuai dengan keinginan. Nah kalo apesnya, begitu barang dibuka, diteliti, ehh ko ga seperti gambaran kita…nah kalo ini yang terjadi, inget-inget dulu deh ada ga perjanjian retur barang dengan penjual..kalo ada, tersenyumlah..masih ada kesempatan diganti. Tapi kalo engga’…manyun aja deh..ato kalo mau lebih fresh hatinya, tulis status aja di FB :)

lalu bagaimana dengan cerita pahitku?? Yuk lanjut

Barang-barang yang pernah saya beli online, mulai dari pakaian, jilbab, aksesoris, tas, sepatu, buku sampai elektronik yang menguras tabungan pun pernah saya lakukan.

Diantaranya yang mengecewakan, beli dalaman jilbab di tokonya www.ning***.com. Walaupun udah chating ma CS-nya tanya sedetil-detilnya, tanya pengalaman enak ato ga dipakenya, melorot ga dipakenya, perlu daleman lagi ga, dlll dan semuanya dijawab enakkk semua.

Ealah pas dicoba, ga satupun yang terbukti :( Kenyataannya dipakenya ga enak, tetep perlu daleman lagi..tambah ribet deh. Dipaksakan tanpa daleman mungkin bisa, tapi bukan gaya daku sih seperti itu..berjilbab nongolin jambul ^_* Alhasil tuh daleman ngonggok aja dilemari n sesekali aja kepakenya kalo udah ga ada deleman yang matching n lagi ga masalah ribet-ribetan.

Trus pernah juga beli Batik Sarimbit di FB…”S****r Batik” namanya. Iihhh ko jaitannya kasar amit…hehehehe. Kalo udah pengalaman sekali yang ngecewain begini, saya sih ga akan beli lagi..yaiyalah emangnya mau sering-sering dikecewain apa!! Yang kulakukan adalah meremove si batik dari friendlist ku…dari pada dia promosi terus, tapi aku ga minat, lebih baik ga liat-liat dia lagi kan…right?!

Masih ada lagi sih printilan-printilan yang sempet ngecewain..tapi yang sangat menohok banget pengalaman yang ini nih. Awal tahun ini daku beli barang elektronik..langsung aja ya sebut merk..Blender Tokebi. Gara-gara ngeces banget ngeliat iklan produk itu di TV, tapi masih sayang banget ma duit…jadi meluncurlah di toko online cari barang serupa. Dan nemploklah saya di www.tokonab**.com . Gali informasi, telepon langsung, tanya bener asli ato ga N bla bla bla...karena tetep kuatir…scara harganya net sampai rumah cuma jatuh lebih murah separo yang diiklankan TV…n ga pake garansi lagi. Dan ngeyelnya saya dan perempuan lain di dunia lainnn mungkin…kalo ditawarin harga special kayanya mata klepekan gitu..alhasil deal deh transaksinya.

Beberapa hari kemudian, si Tokebi sampai dirumah. Langsung dieksekusi dan sukses pastinya karena barang masih fresh. Hati udah adem, kayanya ni barang mayan bagus n saya tidak perlu kecewa…simpan lagi deh tu barang. Dilain waktu..saat senggang, iseng buka lagi…bolak-balik liat barang…mulai deh disini kebuka satu persatu hal yang bikin gondok…mulailah bergulir cerita "menyesal kemudian tiada berguna"..hikss..hikkss.

Apa pasal penyebab gondok gw? Spec barang di iklan toko, sama dengan di boks barang, tapiiii BEDA dengan yang tertera di barangnya sendiri. Rinciannya nih ya:
1. Di iklan toko…sebenernya sih mau di link ke tokonya langsung, tapi ternyata sekarang udah dihapus produknya. Kayanya udah ga jual tu orang, atau jangan-jangan gw pembeli satu-satunya produk tersebut, n langsung dapat testimony pait..entahlah. back..diiklan toko n di kardus specnya itu Watt 170 w, di barangnya 220 w.

2. Merk tokebi di badan blender cuma stiker tempelan doang bo!! gampang amat dikletekinnya. Pokoknya sejak ngeliat spec yang ga sesuai itu, mulai deh ifiillll banget kalo ngeliat tuh Tokebi. Tapi masihlah barang dipake sesekali kalo butuh.

3. Nah ini lagi nih..pengalaman pemakaian. Sekali, dua kali pakai aman sentosa...n merasa terbantu banget pekerjaan dapur, karena ga perlu ngulek-ngulek lagi. Sampailah cerita di pemakaian ketiga...star mulus...tapiii tiba-tiba heningg!!! Masya Allah yang ada panik...blenderku knapa? ko baru pencet sebentar udah ga nyala...langsung deh saat itu si Tokebi geblek statusnya jadi almarhum :(

Gondok sgondoknya...nyesal abiss deh gw beli nih barang. Secara saya sadar sesadar-adarnya ini barang ga ada garansi..hikss..padahal beli magic jar yang 300 ribu aja pake garansi..lah ini barang 600 rebu gitu lohhh!!!

Seharian otak saya jadi panas, bahkan panas juga nih saat nulis pengalaman ini. Akhirnya dengan gondok jari-jari ini pun mengontak si penjual by sms. Dan makin gondok aja dapat respon yang tidak bersahabat dari penjual..uueeeegghh...jadi enegh mengenangnya :(

4. Setelah almarhum, suami pun menyarankan supaya diservis dari pada jadi bangke ga berguna. Akhirnya masuk bengkel deh tu Tokebi. Dari sini dapat info lagi deh keburukannya si Tokebi ini. Kata si abang bengkel, gulungan dinamo ato apa yah saya rada lupa, pokonya gulungan deh katanya jelek...jadi memang gampang rusak.

And then, satu lagi besi pemutar tangkai kaki blender yang mesti dimasukin ke tangkai kepala blender itu pendek sekali, jadi masuknya ga bisa sampai mentok. Nah sementara ulir putaran tempat si besi itu masuk terbuat dari plastik, otomatis kalo ga pas, plastiknya jadi cepet aus dong karena gesekan yang bukan pada tempatnya. Ama si abang dicoba dorong dan bisa..nah kesimpulannya ternyata tuh kaki blender kendor, bisa naik turun sendiri. haduhh ga ngerti deh namanya apaan bagian-bagiannya itu. Mudah-mudahan nanti bisa saya lengkapi dengan gambar biar bisa lebih jelas.

Setelah diservis, memang si tokebi ini akhirnya bisa digunakan kembali..tapi jadi tidak optimal. Dia hanya bisa dipakai di tabung chopper, sedangkan tangkai kaki tidak bisa...ya karena dia kendor itu. Pernah dicoba lagi..ee menghasilkan suara bising karena tiba-tiba besinya turun..jadi memperparah kondisi ulir plastik yang mudah tergesek itu. Nah kalo ulir plastik ini udah rusak..kemana mau dicari penggantinya?? kemana...ohhh kemana???

Lanjut...

Abis cerita tokebi yang menyebalkan itu, apa saya udah kapok belanja online?? Oh no..tidak saya tidak kapok :))

Banyak juga ko yang happy ending...malah ada satu OS di multiply tempat beli aksesoris yang helpul banget. Belanja online yang sampai sekarang masih saya lakoni adalah beli buku di Bukukita.com. Beli disini enaknya lebih murah daripada Gramed n ga repot keliling lagi..makanya saya mau juga pajang bannernya di blog ini. Trus beli kue buat rapat bos juga online..percaya aja tuh kue bakalan sampe di kantor..dan alhamdulillah ga mengecewakan sama sekali.

----

Rentetan cerita tadi base on status saya sebagai Buyer...nah dalam kesempatan lain karena saya juga punya OS...pernah juga dapat pengalaman yang tidak mengenakkan bagi customer saya..dan pastinya juga bagi saya.

jadi ceritanya si customer ini complain. Dia beli barang di toko saya sebagai hadiah untuk temannya. Ternyata ga lama barangnya diterima temannya n dtrial pecah blas si barang.

Saya sebagai seller, pastinya merasa ga enak hati juga dapat laporan seperti itu...walaupun itu barang udah di trial di rumah n baik-baik saja. Tapi saya mencoba bertanggung jawab kasih solusi biar enak di customer. Saya menawarkan refund 100% uang customer dan kembalikan barang yang rusak tersebut, untuk itu saya minta nomor rekeningnya untuk refund.

Tapi entahlah...setelah itu tidak ada reply sms lagi dari belio sang customer:( Jujur saja saya jadi ga enak hati..maksud hati bertanggung jawab, tapi tak digubris.

---

Ini ceritaku...bagaimana ceritamu :)












0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)