Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Senin, November 07, 2011

BUTTER CREAM

Butter cream bisa mempercantik tampilan cake yang kita buat. Sebenarnya ini bukan percobaan pertama Bunda dengan butter cream...tapi kalo butter cream yang pertama Bunda buat dan rasanya enak dan tidak enegh ya yang ini. Dibikinnya juga dengan rasa PD yang tinggi, karena udah pernah ngeliat cara bikinnya di kursus..jadi ga ada cerita khawatir gagal dong ya :D

Berhubung Bunda dapat ilmunya dari kursus di tempatnya Ibu Lizarni, jadi rujukannya pasti bukunya beliau dong :D Resep komplit berikut cara menghias, bisa dibaca di buku "Serba Serbi Cupcake" by Lizzarni. Disini Bunda cuma share resepnya dan sedikit tips yang berhasil terekam.

BUTTER CREAM
Untuk 500 gr


Bahan:
Gula pasir 100 gr
Air 3 sdm
Garam ½ sdt
Mentega putih tawar 125 gr
Hollman soft cream 125 gr
SKM 125 ml

Cara Membuat:
Rebus gula dengan air, aduk terus sampai gula larut. Gunakan api yang sangat kecil supaya tidak gosong (bisa juga dengan cara tim). Setelah gula larut, angkat dan campurkan SKM, aduk sampai tercampur rata. Dinginkan.

Kocok larutan gula dengan mentega putih sampai mengembang. Tambahkan hollman soft cream kocok sampai tercampur rata saja (tidak perlu terlalu lama).


Mewarnai Buttercream (BC):

Bahan:
Aneka pewarna makanan cair
Aneka pasta

Cara:
Masukkan beberapa sendok buttercream (sesuai kebutuhan) dalam mangkok. Beri 2-3 tetes pasta/pewarna makanan. Aduk kencang dan cepat dengan menggunakan sendok. Bila hasil warna dirasa kurang, bisa ditambahkan beberapa tetes lagi. Aduk kembali dengan cepat.

Tips:

- Cara mengaduk, seperti mengaduk telor dadar dengan garpu. Jangan mengaduk dengan cara memutar dan lambat, karena BC akan mencair dan warna tidak terikat dengan sempurna.
- Mewarnai buttercream dengan pasta akan menghasilkan BC dengan aroma sesuai pasta yang digunakan, karenanya jika khawatir mempengaruhi aroma cake, gunakan sedikit saja. Jika warna dirasa masih kurang, tambahkan pewarna makanan.
- Gunakan gula dengan butiran halus, supaya gula larut sempurna dan BC lembut.
- Untuk mentega putih gunakan yang Australi. Coz kata yang udah pengalaman, kalau mentega putih lokal rasanya ngendal di lidah.
- BC bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup rapat. Jika hendak dipakai, keluarkan dan diamkan sampai suhu ruang dan kocok kembali dengan mikser.

0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)