Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Selasa, Oktober 18, 2011

Cheddar Cheese Cake

Kegiatan baking kali ini ada sedikit kemajuan…karena Bunda mencoba cake internasional..wedeuh gaya :) Cake yang bunda coba adalah Cheddar Cheese Cake.

Sebenarnya udah lama pengin coba, tapi sebagai pemula…pastinya Bunda perlu melengkapi kebutuhan perang dulu dong, macam loyang, alumunium foil dll..Ini pertama x-nya dalam hidup Bunda beli aluminum foil. Dulu di SPM ngeliat orang ngambil beginian, nanya aja dalam hati buat apaan sih tu…repot amat masak pake dibungkus-bungkus..hehehe *norax.com*.

Niatan bikin Cheddar Cheese Cake ini berawal dari posting seorang teman di milis kuliner NCC yang Bunda ikutin. Ngeliat banyaknya member lain yang antusias mencoba, bikin Bunda ngiler juga deh pengin ikutan bikin. Bahkan ada seorang member yang sampe berkali-kali coba dan berkali-kali juga gatotnya tapi tetap semangat bikin..n tuh orang cowok pula..Alamak masa’ Bunda kalah ma dia semangatnya buat trial nih resep…malu dong!! So diniatin deh Ahad kemarin mau bikin..

Nah dilalahnya *bahasa apa ya dilalalh ini??* dapat undangan di kompleks buat acara pembagian hadiah lomba hias rumah Ramadhan yang lalu sama rapat koperasi buat hari Ahad juga. Nah ceritanya Bunda ngayal nih..mau ikutan nyumbang hadiah buat juara pertamanya aja..berupa cake yang cantik..terus ya udah makin mantap deh mau bikin. Mulai deh Bunda action di hari Sabtunya..dan Ahad-nya titip ke temen buat diserahkan ke sang juara (coz Bunda berhalangan datang)...mudah-mudahan cakenya tidak mengecewakan ya Bu' Pa' :)

Karena bikin cakenya cuma satu, jadi teteup deh Bunda belom merasakan kaya apa cake ini seutuhnya. Kalo seicipnya sih udah, karena ada sedikit accident waktu Bunda mindahin cake dari Loyang, trus ketusuk bagian bawahnya n keseset dikit ya udah diicip...rasanya bikin penasaran pastinya karena cuma secuil heheheh..Ntar pasti bikin lagi deh, soalnya kasian juga sama Abi, dia juga udah ngiler ngeliat cake yang Bunda bikin.

Resepnya Bunda copas dari sini, kalo Bunda yang copas pasti diijinin, iya kan Jeung Silvi...Tengkyu ya Jeung :)

Dan untuk arsip Bunda, resepnya juga bisa langsung dibaca ya..

Cheddar Cheese Cake
By. Elly (Aljos Mom)

Bahan A
130 gr Susu Cair (UHT / Fresh)
125 gr Cheddar Cheese (diparut)
40 gr Unsalted butter

Bahan B
20 gr Tepung terigu protein sedang
15 gr Tepung maizena

Bahan C
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon

Bahan D
3 Putih telur +/- 90 gr
80 gr Gula pasir
¼ sdt cream of tar-tar *saya skip

Bahan E (Garnish)
1 sdm Selai apricot
1 sdm Air matang

Cara membuat :
1. Campur bahan A yaitu mentega, susu cair dan keju cheddar yang sudah diparut ke dalam panci kecil, panaskan diatas api kecil sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu (jangan sampai gosong). Jika perlu matikan api sementara krim diaduk-aduk.
--> Bunda pakai cara Tim biar lebih aman.

2. Turunkan panci masukan bahan B, tepung terigu dan maizena sambil diayak

3. Masukan bahan C , kuning telur dan air jeruk dan pastikan semua bahan menyatu

4. Siapkan Loyang 18 cm olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega keseluruhan bagian loyang hingga rata. Lapisi bagian luar dengan alumunium foil pastikan Loyang kedap air (double 2 x dengan alumunium foil agar meyakinkan). Panggang dengan cara Au Bain Marie.

--> Bunda pakai loyang 20cm.
--> untuk kemudahan gunakan loyang bongkar pasang

Siapkan Loyang untuk air rendaman. Isi dengan air sampai ¼ nya (lebih baik panaskan air diluar setelah mendidih tuangkan kedalam Loyang rendaman). Saat memanggang ketinggian air tidak boleh lebih dari 1/3 tinggi Loyang adonan.

5. Kocok Bahan D, putih telor, gula pasir & cream of tar-tar hingga soft peak. Masukan kocokan ini ke adonan (di point 3). Aduk hingga rata benar. Tuang ke dalam Loyang.
--> Dikatakan soft peak: ambil sesendok adonan, jika sendok dibalik, adonan tidak jatuh.

6. Panggang selama 50 menit. Test dengan tusuk gigi jikalau masih kurang matang bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang permukaan cheese cake tetap kuning tidak coklat dan ada semu keemasan.

7. Setelah matang, dinginkan cake dan keluarkan dari loyang. Konon menurut yang ahlinya Cake ini bisa dibalik dalam keadaan cake masih hangat dan gunakan serbet kering untuk membalik agar tidak lengket. Lakukan dengan hati-hati & pelan-pelan karna cake ini sangat lembut.

8. Finishing, olesi selai apricot yang telah dihangatkan dengan air matang diatas kompor. Hias dengan buah-buahan sesuai selera, tambahkan Whip Cream untuk mempercantik tampilan.

9. Potong dan nikmati Cake dengan mengucap Basmalah :)

3 comments:

silvia mengatakan...

iya dong say...masa nga diijinin kan udah lo copas juga wkkwkwkw...congrats yah udah sukses menaklukan si CCC...betewe busway...harusnya bikin 2 dong say jadi si abi nga ngiler hihihihi

Bunda Asa mengatakan...

eh ada coment..tq ya Jeung buat apresiasinya..
maunya sih gitu bikin 2..tapiiii waktu ga memungkinkan :) *ngeles.com*

Obat Asam Urat mengatakan...

terima kasih infonya ya, bagus sekali

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)