Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Rabu, Februari 16, 2011

Jurus Mandi buat Asa



Ngajak mandi Asa kerap kali jadi hal yang sangat menyita waktu. Adakalanya mudah, tapi sering kali susah...

Saya mesti siap dengan beragam bujuk rayu...untuk berhasil "menyeretnya" ke tempat mandi..mpph. Nah sekedar buat kenangan aja, kayanya boleh juga di tulis disini bujukan apa aja yang pernah dan masih sering saya pakai...hehehe..Nih dia:

1. Kita main air yuks...Bunda bikinin perahu ya...(akhirnya mulailah Bunda berprakarya). Tapi dalam prakteknya ga sesimpel itu ngomongnya...
2. Kita bikin pusaran air yuks...Biasanya disini saya cerita dulu film-nya UI yang berlayar di lautan mencari harta karun dan kemudian harus berjuang melawan badai pusaran air.
3. Kita mandi pake selang air yuks...Disini Bunda cerita seolah-olah kita mandi di pancuran...
4. Kita maennya sambil mandi aja...Nah yang ini tergantung mainan apa yang sedang dimainkan Asa.
5. Kita mandi busa yuks...Kalo yang satu ini, alhamdulillah berkat Bubble Bath-nya oriflame...Asa antusias banget mandinya...dan cukup ngomong sekali aja...langsung deh ngacir ke tempat mandi. Serasa berendam di Bath tub ya Sayang...


Semua rayuan di atas...dalam prakteknya ga sesimpel ngomongnya. Mesti banyak omongan yang dirangkai...kadang harus menggabungkan beberapa rayuan. Intinya saya harus bisa bikin kegaitan mandi jadi menyenangkan. Walau terkadang...paksaan juga jadi senjata utama disaat-saat krisis waktu...terutama pagi hari (maklum masih kaum "bangsawan", yang harus mau diatur oleh waktu).

Huff...lelah...tapi itulah ibadahnya seorang Bunda. Dari sekedar rayuan...bukan tidak mungkin disitu terselip pembelajaran untuk Anak. Seperti mandi dengan selang..anak pun akan bertanya, ko airnya bisa keluar Bunda? ko' airnya bentuknya kaya bak Bunda? dlll...Disini kita bisa jelaskan sifat-sifat air..yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, menempati ruang, dsb..

Hal lain yang juga berperan adalah peralatan dan tempat mandi yang bikin Anak enjoy. Untuk mendukung bujuk rayuan saya, tersedia bak besar hitam atau bak mandi bayi untuk tempat main Asa yang akan dikotorinya dengan mainan apa aja yang udah kita sepakati...dan 1 ember air bersih untuk mandi Asa.

Satu hal yang membuat saya heran sama Asa, kalau mandi pagi selalu mau air hangat...katanya nanti kedinginan. Padahal...Asa dengan bebasnya nyebur ke bak besar bersama mainannya..dan berendam dulu sampai nunggu Bunda masak air panas...weleh-weleh my boy... :)

Dan..kalo saya lagi nulis seperti ini...berharap banget bisa sabaaaar terussss menghadapi Asa..tidak ada lagi paksaan...yang kadang bikin Asa marah-marah ama Bunda...

0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)