Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Senin, September 10, 2012

Bolu Gulung Tape Pelangi

Dear Trio Pelangi yang baik hati dan tidak sombong :D

Ijinken saya menyetor untuk pertama kalinya di ajang NCC Rainbow Week ini. Disaat yang lain sudah puluhan kali diriku baru pertama kalinya..hikss..

Jujur sangat bingung memilih mau setoran apa..mengingat pakem setoran ala emak-emak males seperti diriku adalah resep yang bahannya mudah dan bikinnya gampang hehehe… Alhasil setelah lirak-lirik berbagai resep, sepakatlah hati memilih Bolu Gulung Tape Singkong untuk dieksekusi. Alasan lain adanya rasa iba pada tape singkong yang udah bulanan nongkrong dikulkas :)

Sumber resep pastinya dari NCC..dan ternyata pilihan saya tidak salah. Dengan mengganti filling butter cream menjadi ganache coklat..Bolgul Tape ini disukai Asa..krucil semata wayangku. Bundanya baru makan satu potong..doi udah makan 3..duhh bahagianya :D



Berikut ini salinan resepnya..

BOLU GULUNG TAPE PELANGI
By: Fatma Bahalwan

Bahan A:
4 btr kuning telur
2 btr telur utuh
1 sdt cake emulsifier
100 gr gula pasir
1 sdt garam halus
1 tetes pewarna pelangi merk Kupu-Kupu(merah,jingga,hijau,biru,ungu)

Bahan B:
100 gr tepung terigu protein sedang

Bahan C:
100 gr tape singkong, haluskan
75 ml santan

Bahan D:
50 gr butter cream (skip) ganti ganache coklat

Cara membuatnya:
1. Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata, tuangi bahan C, aduk balik hingga rata. Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri masing-masing 1 tetes pewarna.
2. Tuang adonan kedalam loyang 26x26x4cm yg telah dipoles mentega dan dialas kertas roti. Tuang adonan dari tengah loyang, dimulai dengan ungu, biru, dst sampai merah.
3. Oven hingga matang, lk. Suhu 200’C selama 30 menit.
3. Angkat, dinginkan. Balik diatas kertas roti. Poles rata dengan Bahan D, gulung segera. Kencangkan.

Catatanku:

Dengan cara tuang dari tengah adonan, tidak semua warna keluar...solusinya aku belum tau gimana supaya gradasi warna hadir semua :)

Berhubung belum pernah berhasil menggulung Bolgul tanpa pecah...bolgul ini penampakannya tidak seindah pelangi..tapi yang penting rasanya kan hehehehe...*menghiburdiri.com

Ok deh sekian dulu laporan dariku...mudah-mudahan masih bisa laporan lagi..biar bisa ikutan ngidamin Tokebi hehehe...

Salam pelangi :)


---

Sebagai penghargaan atas setoran Bunda..ciee..11 September 2012 dapat badge NCCRW nan cantik jelita dari Trio Pelangi. Badge ini aslinya adalah lukisan tangannya Mba Peni Respati...keren ya..ga cuma jago mengecor cake aja tapi juga melukis boo!! Love this badge so much ^__^





0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)