Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Kamis, Juni 09, 2011

Pennylane Brownies (my first baking)

Pennylane Brownies dengan resepnya silver jadi pilihan saya untuk kegiatan baking perdana dan juga sebagai ajang menjajal "otang" baru. Kegiatan baking berjalan dengan mulus, walaupun hasil tidak semulus yang diharapkan. Penampakannya sih oke, rasanya cukuplah…tapi ternyata di bagian tengahnya belum matang, padahal sudah pakai acara tusuk-tusuk. Tapi untuk perdana cukup puaslah…bisa menghasilkan brownies dengan tangan sendiri :)

Untuk resepnya sekalian saya share disini biar jadi kliping resep aneka baking buat saya nantinya…

Pennylane Brownies (+ modified by myself)

Bahan-bahan:
4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai (saya skip)
85 gram Chocolate Chips (saya skip-ganti dengan keju parut)

Cara Membuat:

Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan. Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul.

Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu taburi parutan keju atau sesuai selera (kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai.


Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm (saya pakai Loyang 20 x 20, coz baru punya stock 1 loyang itu aza :)).

Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Sekedar catatan saja, menurut lidah saya dan orang-orang yang turut icip-icip, rasanya terlalu manis...jadi mungkin takaran gulanya mesti di-set lagi untuk percobaan selanjutnya (saya pakai 300gr untuk next baking & rasanya pas).

0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)