Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Selasa, Oktober 26, 2010

Wisata Kampung Halaman

Sumatra Barat adalah kampung halaman saya. Tepatnya di Tiku, masuk dalam Kabupaten Agam, meskipun secara geografis lebih dekat dengan Pariaman.

Bulan Syawal 2010 ini kami sekeluarga berkesempatan mudik ke Sumbar. Pastinya tujuan mudik ini yang utamanya adalah wisata :)

Karena mudik bertepatan dengan Idul Fitri, alhasil rencana untuk wisata keliling Sumbar tidak bisa direalisasikan sepenuhnya...hanya segelintir hari dari hari yang kami miliki di kampung...hiks..hikss.

Biar bagaimanapun, kenyataan itu harus tetap kami syukuri...dan tetap happy karena si kecil selalu happy dimanapun dia berada...hhehehe.

Ini cuplikan tempat wisata yang sempat kami kunjungi:

1. Danau Maninjau, Danau yang indah dikelilingi Bukit Barisan. Masuk ke tempat ini sebenarnya gratis, tapi kalau hari raya dikenakan tarif masuk yang sangat murah pastinya dibandingkan tempat wisata di Jakarta :>


2. Bukit Tinggi, disini sebenarnya lebih cocok untuk cari oleh-oleh dan merasakan sejuknya udara perbukitan. Yang terkenal disini adalah Jam Gadang-nya. Selain itu juga ada Lubang Japang, Ngarai Sianok, yang tempatnya berdekatan. Kalau belum pernah melihat Ngarai, disini kita pasti akan terkagum-kagum melihat lukisan alam yang sangaaat Indah karya Sang Maha Indah..subhanallah..
Kalau masih punya banyak waktu, coba deh keliling-keliling dengan Delman sambil ikutan nyanyi...tuk-kitak-kituk-kitak-kituk...bunyi sepatu kuda...




3. Lambah Anai, Lambah=lembah terletak di daerah Sicincin.



4. Tempat Pemandian Malibo Anai. Berlokasi tidak jauh dari Lambah Anai








5. Panorama Ambun Pagi. Ditempat ini kita bisa melihat keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Bagusnya ke tempat ini kalau cuaca terang...sehingga tidak berkabut. Kaya'nya urutannya salah nih..mestinya di urutan ke-2 y..hehehe.

6. Pantai Ujuang Labuang. Nah kalau pantai ini, wisatanya hampir tiap hari...karena dekat banget dari rumah. Pantainya bukan pantai wisata, tapi pastinya punya potensi wisata yang sangat besar. Orang-orang biasanya kaum ibu biasa datang kesini kalau pas hari "mamukek". Mamukek (baca=mamuke') artinya memukat, pada hari itu biasanya para nelayan turun ke laut untuk melempar jala. Dan biasanya dipinggir pantai ibu-ibu sudah banyak yang nunggu untuk membeli ikan-ikan segar yang berhasil dijala para nelayan.

Bertepatan hari Mamukek kamipun datang...dan mendapatkan pengalaman yang sangat unik. Maklum belum pernah sama sekali melihat orang menarik jala dari pantai :)
Melihat kegiatan "mamukek" tersebut, Abi dan Asa-pun tertarik untuk mencoba...upss berrraaaat banget pastinya..












7. Danau Singkarak, danau ini berada di antara dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar. Danau-nya sangat indah..sejauh mata memandang seperti memandang laut. Airnya berombak dan danau dikelilingi barisan pegunungan. Sayangnya keindahan ini tak sempat saya abadikan. Danau ini juga tempat wisata terakhir kami pada acara mudik lebaran kemarin...dan dari Danau inilah kami memulai perjalanan panjang untuk kembali ke Jakarta.

Selamat tinggal ranah minangku...alam indah yang selalu ingin kukunjungi...

0 comments:

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)