Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Laman

Senin, Oktober 01, 2012

30 September Dalam Kenangan

Kemarin tanggal 30 September, terpikir oleh saya kenangan puluhan tahun silam (jadi kerasa deh tuwirnya)..saya punya rutinitas nonton sebuah film nasional…pasti para bloger yang seumuran saya tau juga dengan film ini..Penghiatan G30S/PKI. Duluuuu banget saya n keluarga selalu rutin nonton film ini. Tapi kebiasaan itu musnah belasan tahun silam kalo ga salah tahun ’98…film rutin ini menghilang dari layar TV semua penduduk Indonesia:)

Konon kabarnya film G30S tsb punya banyak muatan politik untuk meng-heroik kan tokoh yang berperan penting dalam penumpasan G30S versi film tsb, karena tokoh itu adalah penguasa pada masa itu. Jadi berhubung rezim telah berganti, segala sesuatu yang berkaitan dengan pengkultusan nama baik penguasa rezim juga harus di-stop dong ya..apalagi kalau banyak rekayasanya.

Bagi saya pribadi film ini sangat erat berjejak di memori saya…jadi cukup berat juga kalau hendak diubah mindset saya tentang PKI tsb. Saya acungkan jempol deh buat sutradara n terlebih penguasa ORBA yang berhasil mendoktrin pikiran anak-anak muda zaman saya dan mungkin hampir seluruh rakyat Indonesia yang tidak tahu fakta kebenaran sepak terjang PKI…sehingga sampai saat ini saya masih berfikir bahwa mereka itu kelompok yang sangat kejam dan jangan pernah lagi ada di bumi ini. Padahal PKI itu ga segitu buruknya seperti yang ditampakkan difilm loh..(ini saya tahu baru-baru ini juga hehehe).

Kebetulan tanggal 16 Sept yang lalu, saya, Abi n Asa berkesempatan pergi ke Lubang Buaya/monumen Pancasila Sakti,tempat dibuangnya para Jendral korban keganasan G30S yang ..mumpung ada HBH Idul Fitri teman kuliahnya Abi di daerah sana...so kami mampir deh. Buat saya n suami ini kali ke-2 kami menjejaki kaki di tempat ini. Pertama kalinya pastinya saat kami masih bocah ingusan alias SD. Buat Asa pastinya ini yang pertama dong..dan bisa ditebak..my curious boy selalu penuh dengan pertanyaan, terlebih kami ortunya belom pernah sama sekali menceritakan keberadaan Lubang Buaya ini dan juga cerita PKI yang menjadi cerita sentralnya.

Pertanyaan-pertanyaan Asa menjadi PR berat buat saya bagaimana harus menjawabnya. akhirnya jawaban yang bergulirpun jadi seadanya saja dan malah jawaban saya hampir 100% mengacu ke jalan cerita film Penghiatan G30S/PKI…hadohhh salah ga sih daku ?!! padahalkan cerita film itu banyak yang direkayasa :(. mesti cari sejarah faktanya nih..hikkss

Nah berhubung pencarian fakta hanya mengangandalkan om Google dan belum maksimal juga, saya hanya bisa mendarat di Tempo online aja. Disana ketemu deh sama statement para pemeran dalam film tsb yang juga mengaminkan adanya rekayasa dalam cerita film itu. Nih beberapa saya cuplik..lengkapnya silahkan cek TKP ajah…

Ada adegan yang berlebihan..kata Amoroso Katamsi, pemeran Soeharto:


“….Amoroso yang ditemui, Rabu, 26 September 2012, menuturkan bahwa memang kondisi PKI terhadap rakyat Indonesia seperti adanya film. “Tapi memang ada beberapa adegan yang berlebihan,”….
(Dikutip dari Berita Tempo)

Ada juga rekayasa kejadian…padahal faktanya tidak..kalo ini kata mantan anggota Gerwani loh:

Sebagian besar responden juga percaya adegan yang ada dalam Pengkhianatan G30S/PKI itu benar-benar terjadi. Padahal, faktanya belum tentu demikian. Sulami, seorang bekas anggota Gerwani, organisasi onderbouw PKI, contohnya, menyangkal ada anggota kelompoknya yang menari-nari di Lubang Buaya sewaktu para jenderal dibawa ke sana, seperti yang digambarkan dalam film itu. Kepada Tempo, Sulami bahkan menolak disebut terlibat dalam gerakan penculikan itu.
(Dikutip dari Berita Tempo)

Tapi ternyata adegan horror anak jendral yang melumuri wajahnya dengan darah sang jendral itu beneran loh…(aku dulu ikutan nangis kalo liat ini..hikss)

“Saya melihat kepala Papi ditembak dua kali,” Catherine mengisahkan. “Dengan air mata meleleh, saya berteriak, "Papi..., Papi...." Saya ambil darah Papi, saya usapkan ke wajah turun sampai ke dada.”
(Dikutip dari Berita Tempo)

Nah jadi kesimpulannya apa ya?? Hahaha…saya masih bingung. Bingung bagaimana menceritakan sejarah ini pada anak saya, sejarah yang benar…bukan sejarah atas nama rezim yang berkuasa. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu, buku apa yang bisa jadi referensi?? Biar the curious boy mendapatkan sejarah yang akurat dan reliable.

Foto satu-satunya yang berhasil diambil..hikss..akibat lowbat.com



14 comments:

Unknown mengatakan...

Obat Mata Berkabut Pada Anak
Penyebeb Penyakit Refluks GERD Saat Hamil
Gejala Penyakit Berkunang Kunang
Gejala Penyakit Refluks Empedu
Gejala Penyakit Asam Refluks GERD dan Pengobatan
Efek Samping Operasi Bariatrik

Agen Resmi Penjualan Obat Herbal mengatakan...

Gejala Gangguan Otak Akibat Penyakit Epilepsi
Cara Melakukan hal hal Otak Anda
Kisah Penyakit Epilepsi Berbahaya
Langkah Sederhana Untuk Melindungi Ginjal

Unknown mengatakan...

Pengobatan Mata Glaukoma

Unknown mengatakan...

Cara Atasi Gatal

Unknown mengatakan...

Obat Pipi Bengkak Pada Anak
Obat Untuk Mata Merah Dan Katarak
Gejala Penyakit Refluks Empedu

Rani inaR mengatakan...

Gangguan Kesehatan Mental Ini SeringTerjadi Pada Wanita

Unknown mengatakan...

Manfaat Telur Putih Untuk Ginjal

Unknown mengatakan...

Manfaat Melakukan Yoga Bagi Pasien Ayan Anak

viky mengatakan...

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air

Rani Anggraeni mengatakan...

Kanker Tulang Di Kaki Dan Tahap Pengobatannya
Disfungsi Tulang Pubis Dan Nyeri Tulang Panggul Pada Ibu Hamil
Solusi Ibu Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan
Manfaat Luar Bias Kopi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Apakah Kista Dapat Bergerak? mengatakan...

I get so much lately it’s driving me insane soo any suppor is very much appreciated.
obat batuk berdahak anak balita
penyebab dan cara mengatasi penyakit kuning pada bayi
pengertian lipoma, gejala dan penyebabnya
efek samping konsumsi qnc jelly gamat
manfaat buah sirsak untuk pengobatan hepatitis b

Unknown mengatakan...

Khasiat Obat Tradisional
Alasan Orang Memilih Obat Tradisional
Penyakit Sinusitis dan Penjelasannya
Obat Herbal Penyakit Sinusitis
Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan dan Otak

Rani Spma mengatakan...

Semoga sukses
Kenali Perbedaan Tumor Otak Pada Anak dan Dewasa
Penyebab Batuk Berdarah Yang Perlu Diwaspadai
Macam-Macam Gejala Alergi Yang Terjadi Pada Anak
Ketahui Saat Anak Terserang Penyakit HIV/AIDS
Penyebab Nyeri Sendi Bahu Dan Siku Yang Perlu Diketahui
Obat Tradisional Amandel Tanpa Perlu Operasi

Anonim mengatakan...

Pola Makan Sehat Mampu Kurangi Resiko Miom
Ternyata pola makan sehat mampu kurangi resiko miom, dengan menjaga asupan makanan Anda bisa mengurangi terserangnya penyakit miom yang bisa terjadi pada siapa saja.

Posting Komentar

mau komentar atau just say hello...yok tulis aja :)